Contoh Latihan Soal Prosedur Pembelian Kredit

Soal 1 (PT. Louvador)

PT. Louvador merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan makanan ringan. Prosedur yang dilakukan di bagian pembelian pada sistem pembelian kredit adalah sebagai berikut :

Ø  Bagian pembelian memesan barang dengan memberikan Surat Order Pembelian kepada pemasok (untuk salinannya disimpan sebagai arsipdi bagian pembelian);

Ø  Pemasok menerima Surat Order Pembelian dari bagian pembelian. Setelah itu pemasok membuat faktur, lalu mengirimkan faktur beserta barang yang dibeli kepada bagian pembelian;

Ø  Bagian pembelian menerima barang dan faktur dari pemasok setelah itu mengirimkan barang dan faktur ke bagian gudang;

Ø  Bagian gudang melaporkan Laporan Penerimaan Barang untuk diserahkan beserta dengan bukti transaksinya ke bagian keuangan (untuk salinannya disimpan sebagai arsip di bagian gudang);

Ø  Bagian keuangan membuat laporan pembelian kredit berdasarkan Surat Order Pembelian, faktur dan laporan penerimaan barang. Laporan pembelian kredit akan disimpan sebagai arsip dan laporan keuangan dan laporan yang aslinya akan dikirimkan kepada pemimpin.


Soal 2 (PT. Orchieta)

PT. Orchieta merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan pupuk organik. Prosedur yang dilakukan di bagian pembelian pada sistem pembelian kredit adalah sebagai berikut :

Ø  Bagian Pembelian membuat Surat Permintaan Penawaran Harga (salinannya di arsipkan);

Ø  Berdasarkan Surat Permintaan Penawaran Harga tersebut, bagian pembelian menawar harga barang ke Pemasok dan Pemasok membuat Surat Penawaran Harga;

Ø  Bagian Pembelian menerima faktur beserta barang pesanan dari Pemasok yang kemudian faktur dan stok barangnya dikirim ke Bagian Gudang;

Ø  Bagian Gudang melaporkan Laporan Penerimaan Barang yang dikirimkan ke Bagian Pembelian. Faktur dikirim ke Bagian Keuangan (untuk salinannya disimpan sebagai arsip di bagian gudang);

Ø  Bagian keuangan membuat laporan pembelian kredit Laporan pembelian kredit akan disimpan sebagai arsip dan laporan keuangan dan laporan yang aslinya akan dikirimkan kepada pemimpin.


Soal 3 (PT. Shukuta)

PT. Shukuta merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan merchandise anime jepang. Prosedur yang dilakukan di bagian pembelian pada sistem pembelian kredit adalah sebagai berikut :

Ø  Pemimpin menerima Surat Permintaan Pembelian dari bagian pembelian;

Ø  Bagian pembelian membuat Surat Order Pembelian setelah menerima Surat Permintaan Pembelian yang telah disetujui oleh pimpinan (untuk salinannya diarsipkan);

Ø  Bagian Pembelian melakukan negosiasi dengan Pemasok. Setelah itu Pemasok membuat faktur, lalu mengirimkan faktur beserta barang yang dibeli kepada bagian pembelian;

Ø  Bagian pembelian melaporkan hasil penerimaan barang dan faktur dari Pemasok kepada bagian gudang dan segera membuat Laporan Penerimaan barang yang disimpan sebagai arsip, salinannya dikirim ke bagian keuangan beserta faktur (untuk salinannya disimpan sebagai arsip di bagian gudang);

Ø  Berdasarkan Laporan Penerimaan Barang dan Fakturnya, maka Bagian Keuangan membuat Laporan Pembelian Kredit akan disimpan sebagai arsip dan laporan keuangan dan laporan yang aslinya akan dikirimkan kepada pemimpin.

.





Selamat berkunjung kembali di postingan selanjutnya

Postingan populer 30 hari terakhir...

Siklus Utama Proses Bisnis: Siklus Pendapatan (Penjualan Tunai dan Kredit)

Pengetahuan dan Siklus Proses Bisnis Dengan Menggunakan Data Flow Diagram (DFD)

Flowchart