Infrastruktur Teknologi Informasi

Apa itu Infrastruktur Teknologi Informasi? (1)
Infrastruktur Teknologi Informasi adalah sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platform untuk aplikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci.
Infrastruktur yang dimaksud dapat berupa investasi dalam peranti keras, peranti lunak, layanan konsultasi, pendidikan, dan pelatihan.

Cakupan Layanan Seluruh Perusahaan/Firmware (1)
  1. Platform komputasi-> menghubungkan karyawan, pelanggan, dan pemasok dalam lingkungan digital
  2. Layanan telekomunikasi-> menyediakan data, suara, dan konektivitas video kepada pihak yang terkait di perusahaan
  3. Layanan pengaturan data-> menyimpan dan mengelola data perusahaan
  4. Layanan peranti lunak-> menyediakan kemampuan untuk mengelola sistem perencanaan sumber daya perusahaan
Evolusi Infrastruktur TI: 1950-2007 (1)
  • Infrastruktur TI di dalam organisasi saat ini merupakan hasil dari evolusi selama lebih dari 50 tahun di dalam platform komputasi.
  • Terdapat 5 era seperti mesin akuntansi elektronik, mainframe umum dan komputasi komputer mini, PC, jaringan klien/server, dan komputasi internet perusahaan.
  • Era tersebut tidaklah berakhir dan digunakan pada periode yang berbeda, contohnya: komputer yang merupakan mainframe saat ini mendukung situs web besar dan aplikasi perusahaan.
Era Mesin Akuntansi Elektronik [1930-1950] (1)
Menggunakan mesin khusus yang dapat menyortir kartu komputer, menghitung total, dan mencetak laporan.

Era Mainframe Umum dan Komputer Mini [1959-Sekarang] (1)
Komputer komersial tabung pertama dengan sistem operasi kuat yang dapat menyediakan time sharing, multitasking, dan memori virtual di model-modelnya yang lebih canggih.

Era PC: 1981 hingga Sekarang (1)
Berkembangnya PC meluncurkan serangkaian perangkat produktivitas untuk PC desktop seperti pengolah kata, spreadsheet, program presentasi elektronik, dan program manajemen data berukuran kecil.

Era Klien/Server: 1983 hingga Sekarang (1)
Dihubungkan ke jaringan komputer server yang tangguh yang menyediakan kapasitas dan layanan bagi komputer klien termasuk menyajikan halaman web dan mengelola aktivitas jaringan.

Era Komputer Internet Perusahaan: 1992 hingga Sekarang (1)
Layanan TI benar-benar terintegrasi untuk manajemen perusahaan global, disini peranti lunak integrasi aplikasi perusahaan dan layanan web bersatu untuk sebuah infrastruktur perusahaan yang lengkap.

Era Dalam Evolusi Infrastruktur SI (1)

Penggerak Teknologi Dari Evolusi Infrastruktur (1)
  • Perubahan infrastruktur TI yang baru dijelaskan telah menghasilkan perkembangan dalam pemrosesan komputer, chip memori, perangkat penyimpanan, telekomunikasi, jaringan perangkat keras, dan jaringan perangkat lunak yang telah meningkatkan komputasi dan mengurangi biaya.
Komponen Infrastruktur (1)
  1. Platform peranti keras komputer
  2. Platform sistem operasi
  3. Aplikasi peranti lunak perusahaan
  4. Jaringan/telekomunikasi
  5. Konsultan dan integrator sistem
  6. Manajemen dan penyimpanan data
  7. Platform internet
Ekosistem Infrastruktur Teknologi Informasi dan Contohnya(6)
  1. Platform internet (Apache,Microsoft IIS,.Net,UNIX,Cisco,Java)
  2. Platform peranti keras komputer (Dell,IBM,Sun,HP,Apple)
  3. Platform sistem operasi (Microsoft Windows,Linux,Mac OS)
  4. Aplikasi peranti lunak perusahaan (Microsoft,SAP,Oracle)
  5. Jaringan/telekomunikasi (Novell,Alcatel,Verizon,AT&T)
  6. Konsultan dan integrator sistem (IBM,EDS,Accenture)
  7. Manajemen dan penyimpanan data (SQL Server,Skybase)
Elemen-Elemen Platform Digital Mobile (6)
  1. Virtualisasi=> proses menyajikan seperangkat sumberdaya komputasi serta sarana penyimpanan dan server
  2. Cloud of computing=> jaringan diinternet untuk menyimpan serta mengelola data
  3. Rapid elasticity=> sumber daya komputasi dapat menambah atau mengurangi kebutuhan pengguna
  4. Measured service=> biaya yang sesuai dengan sumber daya yang digunakan

Integrasi Platform Komputasi dan Telekomunikasi (1)
Sampai titik ini dimana semakin lama komputasi semakin banyak yang berlangsung pada jaringan. Kebanyakan jaringan menjadi sumber dari daya komputasi, sehingga perusahaan bisnis dapa memperbesar daya komputasinya dengan hebat hanya dengan biaya yang sangat sedikit. Komputasi dibedakan menjadi:
  1. Komputasi  grid => berdasarkan koneksi komputer jarak jauh
  2. Komputasi utilitas => berdasarkan permintaan pesanan
  3. Komputasi otonom => berdasarkan fitur perawatan dari ancaman
  4. Komputasi edge => berdasarkan situs web yang dekat dengan pengguna
Lingkungan Kolaborasi Berbasis Internet (6)
Beberapa alat untuk melakukan kolaborasi secara online dalam bentuk perangkat lunak sudah tersedia saat ini seperti:
  1. Sistem untuk rapat secara virtual, seperti: tele-conference melalui saluran telepon dan video
  2. Google apps/google sites, seperti: video call, rumahvickydzaky atau google classroom
Sumber Literatur
  1. Kenneth C. Laudon, Jane P. Laudon. 2018.Management Information Systems: Managing the Digital Firm,15th,.Pearson
  2. Joseph Valacich, Christoph Schneider. 2018. Information Systems TodayManaging in the Digital World. Pearson
  3. Azhar Susanto. 2017. Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangan Secara Terpadu. LinggaJaya,Indonesia
  4. Turban, Efraim and Volonino, Linda. 2011. Information Technology for Management: Improving Strategic and Operational Performance. 8th Edition. Danvers: John Wiley & Sons
  5. Rudy Tantra. 2012. Manajemen Proyek Sistem Informasi. Penerbit Andi 
  6. Eddy Jusuf. 2019. Sistem Informasi Manajemen Kontemporer di Era Digital. Gava Media.
  7. Google.co.id

(angka) = sumber yg ada di slide paling belakang

Selamat berkunjung kembali di postingan selanjutnya

Postingan populer 30 hari terakhir...

Konsep Teknologi Informasi

Etika Penggunaan Teknologi

Pajak Penghasilan (PPh) Umum

Ruang Lingkup Analisis dan Penggunaan Laporan Keuangan